Senin, 18 Oktober 2010

Batik Go International

Sejak Batik dikukuhkan oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009 yang lalu, sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia, antusiasme akan Batik semakin meningkat. Akan tetapi, apa sebenarnya pengertian atau definisi dari batik itu sendiri?

Batik Tulis
Kata "Batik" berasal dari gabungan dua kata bahasa Jawa yaitu "amba", yang bermakna "menulis" dan "tik" atau "titik" yang bermakna "titik". Secara etimologis, Batik adalah suatu kerajinan yang memiliki nilai seni yang tinggi bagi masyarakat jawa dengan menitikkan malam dengan canting sehingga membentuk corak yang terdiri atas susunan titikan dan garisan.

Dimana pada masa keraton Yogyakarta dan Surakarta, kaum wanita wajib membuat Batik tulis untuk dikenakan kaum pria dan wanita pada saat itu. Dan semakin bertambahnya waktu, Batik cap pun mulai dikenal dan mulai menggeser eksistensi pembuatan Batik tulis dikarenakan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses pembuatannya. Walaupun samapai saat ini masih sebagian orang yang beranggapan bahwa Batik adalah Batik tulis bukan Batik cap.

Batik Cap
Di tengah-tengah era globalisasi sekarang banyak masyarakat Indonesia, terutama generasi muda yang mulai melupakan seni Batik dikarenakan rendahnya kesadaran mereka terhadap budaya bangsanya sendiri. Hal ini membuat tokoh-tokoh Batik dan Pemerintah Indonesia harus bertindak cepat dengan mengajukan hak cipta Batik untuk Indonesia ke UNESCO PBB serta menetapkan hari jum’at sebagai “Hari Batik Nasional”. Kebijakan tersebut sangat berdampak positif dengan banyaknya masyarakat Indonesia yang memakai Batik sebagai pakaian harian mereka.
Batik Fashion Week in Paris
Hal ini didukung dengan mulai banyaknya desainer-desainer kondang Indonesia yang mulai wajib memakai unsur Batik dalam desain yang mereka rancang, sebagai bentuk kepedulian dalam mengembangkan budaya Batik di pasar nasional. Bahkan desainer asal Jepang, Kansai Yamamoto, menggunakan Batik Indonesia sebagai ikon internasional dalam  rancangannya disalah satu Fashion Week Japan 2009. Maka upaya pelestarian batik tidak hanya di dalam negeri tapi juga menacapai di luar negeri.


Dengan lebih mengenal dan memakai batik, bikin kita makin cinta Batik bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thx for your comment :)