Sabtu, 09 Oktober 2010

Wisata Singapura

Saya berasal dari kota batam, jadi nggak terlalu asing dengan negara yang satu ini, sombongnya haha *ga semuanya yg lo denger itu bener. Singapura oh Singapura. Toko, makanan dan nonton film semua berada dibawah satu atap. Ini hanya beberapa hal yang dapat anda lakukan di mall Singapura. Ada restoran untuk foodies pecinta makanan, bioskop untuk penggemar film, dan banyak penawaran belanja untuk kaum shopaholics.


Apa yang menakjubkan adalah bahwa setiap pusat perbelanjaan menawarkan pengalaman belanja yang unik dan khas, namun memungkinkan kamu untuk menemukan apa yang kamu butuhkan. Mall seperti Ngee Ann City, ION Orchard dan VivoCity sangat populer di kalangan penduduk setempat, jadi jangan lupa mengunjungi mall-mall ini saat  kamu berada di Singapura.


Jika kamu berniat berbelanja ke singapura kamu harus melihat jenis tempatnya. Anda tidak mungkinkan menawar harga apabila anda pergi ke butiknya LV (Louis Vuitton) atau butik merk terkenal lainnya. Tempat-tempat belanja yang biasanya bisa ditawar adalah bugis street, little India, dan Chinatown walaupun ada beberapa toko yang benar-benar sudah mencantumkan harga tetapnya tapi kebanyakan masih bisa ditawar.


Jadi untuk berbelanja di Singapura kamu harus pintar-pintar mencari tahu, pastinya anda punya feeling sendiri apakah toko yang sedang anda kunjungi tersebut bisa ditawar atau tidak barang-barangnya.


Jadwalkan wisata kamu ke negara singa ini pada pertengan tahun ataupun akhir tahun. Karena brand-brand terkenal seperti Zara, Topman, Guess, Adidas, Levis, dan masih banyak lagi akan memberikan diskon mencapai 50%-70%tanpa ketentuan apapun. Beda banget kan ama Jakarta. Tulisan diskon tapi pas masuk cuma barang-barang lama yang 2-3 tahun yang lalu. Capek deh.


Berikut beberapa tips umum jika ingin berbelanja aman di Singapura:


1. Bandingkan harga. 
Jika anda sedang mengincar suatu barang yang ternyata dijual di beberapa toko. Bandingkanlah harganya atau anda lakukan research dari sebelum anda pergi ke Singapura, cari tahu terlebih dahulu harga barang tersebut di Indonesia. Ada banyak barang-barang yang ternyata lebih murah jika kita beli di Indonesia.


2. Kebijakan perihal tukar barang. 
Tanyakan kepada pelayan toko apakah ada kebijakan penukaran barang dan apa syaratnya. Ada banyak toko yang tidak menerima penukaran barang lagi setelah anda membeli walaupun kesalahan ada pada pihak toko.


3. Kebijakan pajak (Tax). 
Bila anda membeli barang elektronik di Sim Lim, Lucky Plaza, Funan atau toko lainnya. Bila toko yang anda kunjungi toko kecil yang tidak mencantumkan harga. Selalu tanyakan apakah harga tersebut sudah termasuk tax (pajak) atau belum. Banyak konsumen yang tertipu dengan harga yang murah akan tetapi saat pembayaran, si penjual menambahkan tax ke harga yang sudah disetujui tersebut. Jadinya harga yang anda dapatkan lebih mahal.


4. Periksa bon pembayaran. 
Minta bon pembayaran dan pastikan jumlah yang anda bayar benar. Simpanlah bon tersebut jika sewaktu-waktu barang yang anda beli ternyata tidak cocok atau ada cacat, anda bisa menukarkannya kembali ke toko tersebut. Jika syarat dan ketentuan tukar barang berlaku.


5. Jaminan garansi. 
Tanyakan terlebih dahulu apakah ada garansi internasional, nasional atau toko. Ada banyak barang yang masuk melalui para pengimpor tidak resmi dengan demikian biasanya garansi yang diberikan hanya garansi toko saja.


6. Periksa barang sebelum meninggalkan toko. 
Periksalah barang yang anda beli dengan teliti sebelum anda meninggalkan toko karena kebanyakan toko tidak menerima penukaran jika barang tersebut sudah dibawa keluar dari toko.


7. Cari informasi SALE. 
Sebelum anda berbelanja ada baiknya mencari tahu jadwal SALE untuk barang yang sedang anda incar. Tunggulah seperti saat Great Singapore Sale, Midyear Sale atau End Year Sale agar mendapatkan potongan harga yang jauh lebih tinggi dibanding dengan SALE harian.


8. Laporkan ke SCT jika anda merasa telah ditipu
STB (Singapore Tourism Board) sangat menjaga kenyamanan para turis yang datang ke Singapore untuk itu jika para turis sudah “dikerjain” oleh pedagang lokal dikarenakan ketidak tahuannya akan peraturan Tax Free, Tax Refund, kualitas barang, harga barang dan hal lainnya, silahkan adukan keluhan anda terhadap toko tersebut ke Small Claims Tribunals. Anda bisa mendapatkan ganti rugi dalam waktu 24 jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thx for your comment :)