Minggu, 18 September 2011

CSR: KALAU BUKAN KITA, SIAPA LAGI?

Pentingnya CSR Dalam Kehidupan Masyarakat
Dewasa ini, istilah Corporate Social Responsibility (CSR) sudah tidak asing lagi bagi kita, terutama bagi perusahaan-perusahaan besar. Pada dasarnya CSR merupakan bentuk kontribusi perusahaan untuk keberlangsungan kehidupan masyarakat disekitarnya, baik itu secara sosial, ekonomi dan lingkungan masyarakat.

Secara harfiah CSR diartikan sebagai tanggung jawab sosial perusahaan, sedangkan World Bank, CSR adalah komitmen dari bisnis untuk berkontribusi bagi pembangunan ekonomi yang berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas kehidupan sehingga berdampak baik bagi bisnis sekaligus baik bagi kehidupan sosial.

Sementara menurut Sanket, Clement K, 2002, CSR adalah komitmen usaha untuk bertindak secara etis, beroperasi secara legal dan berkontribusi untuk peningkatan ekonomi bersamaan dengan peningkatan kualitas hidup dari karyawan dan keluarganya, masyarakat lokal dan masyarakat secara lebih luas. Dengan kata lain tanggung jawab perusahaan secara sosial adalah komitmen bisnis untuk kontribusi dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan (The World Business Council for Sustainable Development (WBCSD), in Fox, et al (2002)).


Mengapa CSR itu penting?
Keberadaan suatu industri seringkali diikuti dengan timbulnya keresahan masyarakat sekitar akan munculnya dampak negatif terhadap lingkungan sekitar maupun kehidupan sosial masyarakat, yang ditimbulkan oleh kegiatan produksi perusahaan baik secara langsung maupun tidak langsung. Jika keberadaan dampak tidak diatasi dengan baik, dikhawatirkan dapat memberikan citra buruk bagi perusahaan tersebut. Sementara dilain pihak, meskipun tujuan utama dari setiap perusahaan adalah maksimalisasi keuntungan (profit), namun sudah selayaknya bagi setiap perusahaan untuk memperhatikan aspek sosial, ekonomi dan lingkungan masyarakat sekitarnya.

Citra perusahaan yang buruk, sering dimunculkan di media masa ataupun hanya di kalangan masyarakat sekitar lokasi kegiatan. Jika terus dibiarkan, hal ini jelas sangat merugikan dan tidak mendukung kelancaran kegiatan produksi dan bersifat kontra-produktif terhadap upaya peningkatan produktivitas dan keuntungan. Kini semakin diakui bahwa perusahaan, sebagai pelaku bisnis, tidak akan bisa terus berkembang, apabila perusahaan tersebut menutup mata atau tak mau tahu dengan situasi dan kondisi lingkungan sosial sekitarnya. Hingga pada akhirnya adanya saling ketergantungan antara pihak perusahaan dengan masyarakat. Untuk itulah diperlukan suatu solusi yang dapat menjawab permasalahan diatas, salah satunya adalah dengan melaksanakan CSR. Pentingnya CSR untuk menjawab semua permasalahan sebagai tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan sekitar, antara lain :
  1. Apakah perusahaan mengetahui kekhawatiran-kekhawatiran masyarakat?
  2. Apakah perusahaan mengetahui dampak-dampak yang kepada masyarakat? Bagaimana masyarakat menyampaikan kepada perusahaan atas dampak-dampak pada lingkungan hidup dan sosial?
  3. Apakah perusahaan sudah mengakomodasi permintaan masyarakat? Apakah perusahaan melibatkan masyarakat dalam kegiatan produksi masyarakat.
Tujuan dari CSR adalah untuk menciptakan dan memelihara hubungan yang harmonis dengan lingkungan di sekitar lokasi kegiatan produksi serta bekerjasama dengan stakeholders untuk memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar, memiliki komitmen untuk melaksanakan tanggung jawab perusahaan di bidang sosial serta lingkungan sesuai dengan prinsip pengembangan lingkungan yang berkelanjutan baik secara ekonomi, sosial maupun lingkungan.

Pemerintah dalam hal ini juga mempunyai peranan penting dalam mengatur dan mengontrol kegiatan produksi perusahaan, selain mendapatkan pajak dari perusahaan tersebut. Perusahaan berperan dalam melakukan kegiatan produksi, pengoptimalisasian dan peduli terhadap lingkungan. Sedangkan masyarakat berperan dalam pemberdayaan dan pengembangan masyarakat.

Apa yang dilakukan dalam kegiatan CSR?
Kebijakan-kebijakan perusahaan mengenai kegiatan CSR dapat berbeda-beda tergantung dari kebutuhan masyarakat di sekitar lokasi tersebut. Alangkah lebih baik apabila sebelum melaksanakan kegiatan CSR, perusahaan melakukan survei terlebih dahulu untuk memperoleh aspirasi dari masyarakat sekitar, sehingga perusahaan dapat melaksanakan kegiatan CSR yang tepat guna dan tepat sasaran.

Dalam upaya meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat sekitar, ada berbagai macam kegiatan yang dapat dilakukan oleh perusahaan dengan memberdayakan masyarakat, antara lain :
  1. Pengembangan Ekonomi yaitu pengembangan dan peningkatan sektor ekonomi masyarakat, baik itu kegiatan di bidang pertanian, peternakan, koperasi dan usaha kecil menengah.
  2. Kesehatan dan Gizi Masyarakat, kegiatan yang dapat dilakukan antara lain penyuluhan, pengobatan, pemberian gizi bagi balita, program sanitasi masyarakat.
  3. Pengelolaan Lingkungan, kegiatan yang dapat dilakukan antara lain penanganan limbah, pengelolaan sampah rumah tangga, reklamasi, dang penanganan dampak lingkungan lainnya.
  4. Pendidikan, Keterampilan dan Pelatihan, kegiatan itu dapat berupa pemberian beasiswa bagi siswa yang berprestasi maupun siswa yang tidak mampu, magang, studi banding, peningkatan keterampilan, pelatihan-pelatihan dan pemberian sarana pendidikan.
  5. Sosial, Budaya, Agama dan Infrastruktur, kegiatan-kegiatan di bidang ini dapat berupa kegiatan sosial, budaya dan keagamaan, serta perbaikan infrastruktur yang ada di wilayah masyarakat setempat.
Semua kegiatan-kegiatan diatas tentu saja haruslah kegiatan yang dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat. Dilain pihak, perusahaan harus tetap menjalin keberlangsungan hubungan baik dan sinergis antara perusahaan-masyarakat-pemerintah. Begitu pula masyarakat harus tetap memberikan kontrol terhadap perusahaan dalam mengelola perusahaannya, jangan sampai terlena sehingga pada akhirnya keberadaan perusahaan tersebut akan memberikan dampak negatif bagi sosial, ekonomi maupun lingkungan masyarakat. Pemerintah sebagai pengawas harus dapat menjadi pengatur dalam kehidupan masyarakat dan perusahaan. Jadi kalau bukan kita, siapa lagi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thx for your comment :)