Selasa, 14 Agustus 2012

Jangan Takut Gagal!


"Jangan pernah takut untuk gagal,namun takutlah disaat kamu tidak benar-benar mampu mengumpulkan keberanian di saat yang tepat"

Takut pada kegagalan adalah hal yang wajar dan setiap manusia pasti selalu melewati hal ini dalam tahapan kehidupannya, namun ada kalanya kita dituntut untuk mampu mengeluarkan keberanian disaat-saat tertentu yang benar-benar diperlukan. Karena orang yang berani bukanlah dia yang tak pernah merasakan ketakukan, tapi orang berani adalah dia yang mampu mengeluarkan keberaniannya di saat yang benar-benar tepat dalam kehidupannya. Dan tidak gegabah dalam mengatasnamakan keberanian dalam melakukan sesuatu yang mungkin memiliki resiko baik itu besar maupun kecil bagi hidup kita. Terkadang kita selalu menghindari kegagalan dengan bertindak aman dan tidak berani mengambil resiko, padahal kegagalan dapat menjadi cambukan yang malah menguatkan kita untuk kedepannya dalam bertindak. Inilah seni hidup, disaat bagaimana cara kita melewati kegagalan tersebut dgn keberanian untuk mencoba lagi. Terutama keberanian untuk mencoba sesuatu yang baru dalam hidup ini #Loveyouyou

Hidup mencari aman akan cenderung terasa flat dan membosankan, disinilah keberanian dalam menghadapi resiko sangat diperlukan. Hidup akan menjadi pengalaman yang berharga bagi kita, baik itu berupa keberhasilan maupun kegagalan, karena pengalaman sangat mahal harganya dibandingkan dengan apapun yang kita peroleh.

“Never hold your head down because you have made a mistake. Life is filled with second chances, and you can only see them when your head is lifted up!”

Kecewa atau tidak, semua tergantung kita, tergantung bagaimana sudut pandang kita menyikapi kegagalan. Berharap sedikit hanya akan menghambat kita mengoptimalkan potensi. Lebih banyak mencoba, akan mendekatkan kita kepada sukses, meskipun kita akan mengalami banyak kegagalan. Namun cuma itulah yang kita diperlukan, karena kita sering tidak tahu mana yang akan berhasil. Kebahagian yang didapatkan oleh orang yang menghindari kekecewaan adalah kebahagian yang semu, dia bukan bahagia tetapi hanya tidak kecewa saja.

Ubahlah sudut pandang kita terhadap kegagalan, maka kita tidak akan kecewa terhadap kegagalan yang  dialami, setidaknya kekecewaan kita akan sedikit atau sementara saja. Allah SWT mungkin memberikan ujian berupa kegagalan dan kehilangan kepada kita untuk mengajarkan hikmah kepada kita. Mungkin, kegagalan, masalah, dan lingkungan yang tidak menyenangkan adalah sebagian dari skenario Allah SWT dalam membina diri kita.

Jangan hiraukan opini negatif, bentuklah kebiasaan beraksi agresif dan positif terhadap ancaman, masalah, dan kegagalan. Fokuskan diri kita pada sasaran akhirnya, terlepas apapun yang terjadi saat ini. Jika sikap kita benar, pengalaman mengecewakan akan memberikan hikmah yang membuat kita bahagia. Mari kita sama-sama belajar kepada pengalaman. Bukan saja pengalaman diri kita saja, tetapi kita juga bisa belajar pada pengalaman orang lain. Pengalaman adalah guru yang bijak. Ketekunan dan kesabaran jika digabungkan menjadi modal yang sangat besar untuk meraih sukses. Keberhasilan Anda adalah ditentukan oleh Anda sendiri dan takdir Allah SWT. Bukan oleh orang lain.

Ketimbang tersinggung dengan ejekan dan kritikan, akan lebih baik jika kita malah mengambil manfaatnya. Kadang ejekan dari musuh lebih jujur dari pada pujian seorang teman. Para pemenang mangambil tanggung jawab terhadap hidupnya. Mereka tidak pernah menyalahkan orang lain atau pun lingkungan. Mereka tidak suka mencari-cari alasan terhadap kegagalan mereka. Dengan hidup di atas garis, kita tidak akan buntu dengan alasan kondisi atau apa pun yang terjadi pada diri kita. Hidup kita akan lebih hidup. Kita akan bergairah dan memiliki determinasi yang tinggi dalam mencapai cita-cita kita.

Orang yang biasa berdalih tidak akan mengambil pelajaran dari kesalahan dan kegagalan, kerena dia sudah siap untuk berdalih lagi. Tidak akan ada keberhasilan tanpa tindakan. Tidak akan tindakan tanpa keberanian. Jadi tidak akan keberhasilan tanpa keberanian. sukses sejalan dengan keberanian. Jika wawasan kita akan semakin luas, kita akan menemukan jalan-jalan baru untuk meraih sukses. Insya Allah dalam waktu yang tidak lama ketakutan pada diri Anda akan hilang.

Mimpi tidak hanya membantu kita berhadapan dengan kegagalan, tetapi juga memotivasi kita secara konstan. Mimpi masa kini adalah kenyataan hari esok. Anda bisa, jika Anda berpikir bisa, selama akal mengatakan bisa. Batasan apakah sesuatu masuk akal atau tidak, kita lihat saja orang lain, jika orang lain telah melakukannya atau telah mencapai impiannya, maka impian tersebut adalah masuk akal. Menuliskan tujuan akan sangat membantu dalam menjaga alasan melakukan sesuatu. Apakah kita bisa untuk mengemban misi kita? Insya Allah kita bisa, karena Allah Mahatahu, Allah tahu sampai dimana potensi dan kemampuan kita. Jika kita tidak merasa mampu berarti kita belum benar-benar mengoptimalkan potensi kita. Jika target obsesi itu baik, maka memiliki obsesi bukan hanya baik, tetapi harus. Karena motivasi dari sebuah obsesi sangat kuat. Untuk menjadi sukses, kita harus memutuskan dengan tepat apa yang kita inginkan, tuliskan dan kemudian buatlah sebuah rencana untuk mencapainya. Bisakah kita meraih sukses yang lebih besar lagi?

Jangan takut dengan gagalnya meraih visi, kegagalan meraih visi sebenarnya bukan suatu kegagalan, tetapi merupakan keberhasilan yang kita tempuh meski tidak sepenuhnya. Visi itulah yang akan menuntun perjalanan hidup kita. 
Menciptakan kebiasaan baru adalah salah satu dari kunci sukses. Jika anda ingin sukses kita harus mulai menciptakan kebiasaan-kebiasaan yang akan membawa kita kepada kesuksesan. Jika kita ingin menang dalam bisnis, karir, pendidikan, olah raga, dan sebagainya maka kita harus memiliki kebiasaan-kebiasaan seorang pemenang pula. Jika kita ingin suatu kehidupan yang berbeda, buatlah keputusan yang berbeda juga dengan satu motivasi yang ada, yaitu Allah. Adapun motivasi lainnya harus dalam rangka “karena atau untuk Allah".

1 komentar:

thx for your comment :)